Kenali Ciri-ciri Nyamuk Demam Berdarah

  • Share
Nyamuk Aedes aegypti

PANTAU24.COM-Maraknya kasus demam berdarah saat ini, perlu membuka mata semua pihak untuk lebih intensif melakukan beragam upaya pencegahan. Cara awal yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengenali ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti.

Berikut adalah sejumlah ciri nyamuk Aedes aegypti baik ciri fisik, tempat berkembang biak maupun waktu aktifnya:

  • Ciri fisik

Nyamuk DBD ini bertubuh kecil, berwarna hitam dengan garis-garis putih yang sering kali tampak seperti bintik-bintik putih. Selain itu terdapat pula garis vertikal di bagian punggung.

  • Tempat berkembang biak

Aedes aegypti yang juga bisa menyebarkan penyakit Zika, demam kuning dan chikungunya, sebenarnya berasal dari Afrika. Namun kemudian berkembang biak hingga ke daerah tropis. Nyamuk ini senang bersembunyi di balik pakaian yang digantung, berdiam di tempat seperti penampungan air, toilet, kolam renang, dan ember berisi air. Bahkan jika Anda tidak berhati-hati jentik-jentik nyamuk ini juga bisa dijumpai di tempat penampungan air di dalam vas bunga dan dispenser.

  • Waktu aktif
Baca Pula:  Puskesmas Tungoi Temukan Jentik Nyamuk di Rumah Penderita DBD

Penularan penyakit demam berdarah dilakukan Aedes aegypti betina. Sebab nyamuk betina mengisap darah sebagai asupan nutrisi untuk memproduksi telur. Nyamuk demam berdarah biasanya aktif di dalam rumah dan mengisap darah di pagi, siang hingga sore hari.

Fakta menarik dan bermanfaat

Setelah mengenali ciri-ciri nyamuk Aedes aegypti, Anda bisa dengan lebih mudah melakukan upaya pencegahan lainnya. Berikut, cara pencegahan melalui tindakan 4M Plus yang terdiri dari:

  1. Menguras wadah air seperti tempayan, bak mandi, ember, vas bunga, tempat minum hewan, dan lain-lain.
  2. Menutup semua wadah air agar nyamuk tidak dapat masuk dan bertelur di dalamnya.
  3. Mengubur semua barang bekas yang dapat menampung air, seperti ban bekas, kaleng, dan botol agar tidak menjadi sarang nyamuk.
  4. Memantau semua wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk secara berkala.
  5. Plus menghindari kemungkinan tergigit nyamuk dengan tidak menggantung baju. Jika memungkinkan, peliharalah ikan untuk membantu membasmi jentik-jentik nyamuk yang ada di dalam kolam, serta taburkan abate untuk membunuh larva nyamuk di wadah penampungan air seperti bak mandi.
Baca Pula:  DBD Mengintai, 7 Kasus Terjadi di Wilayah Puskesmas Tungoi dalam Sepekan

Itulah ciri-ciri nyamuk demam berdarah atau nyamuk Aedes aegypti yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui ciri-ciri fisik, tempat berbiak dan waktu aktif nyamuk ini, Anda bisa dengan mudah melakukan usaha pembasmian seperti yang disarankan di atas, sehingga Anda dan keluarga bisa terhindar dari penyakit demam berdarah yang kini sedang mewabah.(*)

  • Share

Leave a Reply

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com