Connect with us

Fakta

Vasili Arkhipov Cegah Perang Dunai III Karena Berkepala Dingin

Published

on

PANTAU24.com – Selama Krisis Misil Kuba pada tahun 1962, Vasili Arkhipov membuat keputusan untuk mencegah Perang Dunia III.

Perwira Angkatan Laut Soviet Vasili Arkhipov berusia 34 tahun ini, adalah salah satu dari tiga komandan di atas kapal selam Soviet B-59 pada 27 Oktober 1962, ketika menerima perintah dari pimpinan Soviet untuk berhenti di Karibia – tidak jauh dari blokade Amerika yang mengelilingi Kuba. Kapal selam akan berfungsi sebagai cadangan untuk pengiriman senjata rahasia di pulau itu.

Untuk menyembunyikan lokasinya dari Amerika, kapal selam itu tetap berada di bawah air – tetapi tidak cukup dalam.

Angkatan Laut AS mendeteksi kapal Soviet dan mulai melakukan tekanan yang tidak mematikan untuk menakuti para komandan dan memaksa kapal selam naik ke permukaan untuk identifikasi. Apa yang orang Amerika tidak tahu adalah bahwa B-59 bersenjata lengkap – di atas kapal selam itu terdapat rudal nuklir sekuat bom yang dijatuhkan di Hiroshima.

Ketika B-59 masuk kedalam air, ia kehilangan komunikasi dengan permukaan; tidak ada cara untuk berkomunikasi dengan Moskow untuk meminta petunjuk.

Menghadpai tekanan Amerika (mereka menduga itu adalah serangan) dan tidak dapat menghubungi siapa pun di atas, dua komandan kapal selam membuat pilihan untuk menembakkan rudal dari kapal.

Untuk meluncurkan torpedo, bagaimanapun, ketiga komandan di kapal selam perlu menyetujui keputusan tersebut. Masuklah Vasili Arkhipov.

Vasili tetap berkepala dingin dan curiga bahwa tekanan itu bukan serangan, tetapi hanya tipuan agar B-59 naik ke permukaan.

Dia benar. Setelah menunggu selama cadangan bahan bakar dan oksigen memungkinkan, kapal selam itu naik ke permukaan untuk dan berada di tengah-tengah kapal perang AS – tetapi tidak ada perang.

Andai saja para komandan B-59 membalas tekanan Amerika itu dengan serangan rudal, maka Perang Dunia ke III mungkin sudah pecah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *