Connect with us

Editor's Pick

Siap-siap, Ada 254.173 Lowongan CPNS 2019

Terbanyak dialokasikan untuk PPPL/P3K.

Published

on

PANTAU24.com – Pemerintah akan kembali membuka lowongan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2019.

Penerimaannya diperkirakan tidak akan lama lagi. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah memberitahukan lewat account Twitter mereka, bahwa pengumuman penerimaan CPNS usai libur Lebaran.

Ada sebanyak 254.173 lowongan yang akan dibuka pada penerimaan CPNS kali ini. Formasi itu terdiri dari CPNS pusat dan CPNS daerah.

Hal yang menggembirakan adalah, dari 254.173 formasi itu, ternyata terbanyak dialokasikan untuk PPPL/P3K.

Untuk pemerintah pusat ada sebanyak 46.425 formasi dan pemerintah daerah sebanyak 207.748 formasi.

Pembukaan lowongan CPNS 2019 tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Pegawai ASN Secara Nasional 2019.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin juga telah menandatangani surat pengadaan ASN (Aparatur Sipil Negara). Surat bernomor B/617/M.SM.01.00/2019 itu diterbitkan pada pada 17 Mei 2019.

Surat tersebut ditujukan pada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat atau Kementerian, dan PPK daerah atau Pemerintah Daerah (Pemda).

Syafruddin menuliskan, Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Daerah punya tenggat waktu hingga minggu kedua Juni 2019 untuk menyampaikan usulan kebutuhan pegawai.

Untuk tahun 2019, pemerintah daerah mendapat alokasi 30 persen untuk CPNS. Alokasi 70 persen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar menjadi prioritas. Dengan memberi kesempatan kepada pegawai non-PNS.

“Pengadaan ASN diutamakan bagi satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.”

Kementerian PAN RB dan BKN akan menyusun rumusan prioritas penerimaan CPNS lewat analisis mendalam, dilanjutkan site visit. Baru kemudian Kementerian PAN RB memberi persetujuan formasi CPNS di masing-masing instansi.

Sebelumnya, Syafrudin sudah mengonfirmasi pembukaan rekrutmen ini. “100 ribu seluruhnya tapi kan belum diatur‎. Seluruh Indonesia. Tetap guru honorer yang lebih diutamakan,” ujarnya di Jakarta, Kamis (9/5).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *