Connect with us

Cari Tahu

Ini Pola Pikir Orang Barat Yang Patut Kita Tiru, Anak Muda Berani Coba?

Published

on

PANTAU24.com – Tidak bisa dipungkiri memang pada kenyataannya dunia Barat lebih maju dari kita di bagian Timur khususnya Indonesia. Dari segi infrastruktur dan sumber daya manusianya, mereka jauh lebih unggul.

Apalagi jika kita bicara soal kualitas hidup masyarakatnya. Kalau sampai sekarang mereka lebih maju dari kita, itu menandakan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang mereka miliki memang mumpuni dan memiliki jiwa profesionalisme kerja dengan kualitas kerja diatas rata-rata.

Jadi, daripada kita hanya meniru budayanya yang kebanyakan kurang baik untuk standar moral orang Indonesia, berikut ini pola pikir orang Barat yang selayaknya kamu tiru :

1. Tepat Waktu

Pixabay at Pexels

Kebiasaan ini sudah lagi menjadi rahasia umum. Dengan kemajuan yang ada di negara mereka tidak heran jika setiap dari masyarakatnya dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik yaitu prinsip tepat waktu.

Dengan menandakan waktu adalah hal berharga, mereka pun memiliki semboyan “Time is Money”.

2. Kebiasaan Tidak Buang Sampah Sembarangan

rawpixel.com at Pexels

Kita bisa lihat ini dari wisatawan asing atau yang biasa dipanggil “Bule” oleh orang Indonesia. Kebiasaan atau peraturan di negara mereka tentang larangan buang sampah sembarangan sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga saat mengunjungi negara kita ini, mereka pun tetap membawa kebiasaan itu.

3. Mampu Bersikap Mandiri

Jeffrey Czum at Pexels

Orang Barat itu punya sikap mandiri yang tidak main-main. Banyak dari mereka yang masih sekolah dan kuliah bisa mengambil keja paruh waktu atau “part time”, ketika usianya 20an hanya untuk biaya sekolah atau kuliah dan tempat tinggal.

Mereka juga banyak di usia 20 tahunan sudah memilih untuk hidup sendiri dan tidak lagi bergantung pada orang tua.

4. Kebiasaan Untuk Antre

Lisa Fotios at Pexels

Mereka orang Barat sangat teratur jika dibandingkan dengan kita. Jadi, Kalau soal seperti ini kita memang masih kalah jauh dari orang Barat.

Taat pada aturan masih sulit kita lakukan, udah ditulis besar-besar di depan loket HARAP ANTRI, tapi masih ada-ada saja orang yang nerobos sana-sini.

5. Bersifat Terus Terang

rawpixel.com at Pexels

Pola pikir yang ini juga menarik. Mereka orang Barat tidak suka bertele-tele, mereka lebih memilih untuk berterus terang atas apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

6. Kebiasaan Membaca

Pixabay at Pexels

Salah satu yang buat orang Barat itu punya wawasan serta pemikiran luas dan terbuka karena kebiasaan mereka dalam membaca. Ini juga menandakan bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu mau ingin belajar.

Saat di kereta atau tempat manapun mereka akan menggunakan waktu luang yang dimiliki untuk diisi dengan membaca. Hal ini pula yang membuat mereka memiliki pemikiran-pemikiran yang kritis dan pintar.

7. Disiplin

rawpixel.com at Pexels

Lihat saja bagaimana mereka melatih diri sendiri. Berusaha untuk tepat waktu dan mengambil kerja paruh waktu. Kehidupan mereka menuntut untuk displin dalam banyak hal, apalagi dalam pekerjaan dan pendidikan.

Coba saja kita perhatikan tingkah mereka, memiliki sikap yang serius dan terlihat tegas. Tidak heran juga kalau banyak ilmuwan-ilmuwan hebat dari negara mereka yang terkenal, yah karena displin adalah kuncinya. Apalagi banyak dari mereka yang masih muda datang ke Indonesia untuk penelitian sampai berbulan-bulan dan hanya seorang diri.

8. Sikap Pantang Menyerah

Pixabay at Pexels

Mereka orang Barat sangat suka menantang diri mereka. Jadi, jangan heran jika banyak dari mereka yang punya hobi travelling, apalagi pergi seorang diri dan masih berusia muda.

Mereka juga terlatih untuk hidup dibawah tekanan. Persaingan di dunia kerja dan pendidikan membuat mereka terbiasa dengan kondisi dan situasi yang sulit.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *