Connect with us

Cari Tahu

Bagaimana Tetap Berpegang Pada Resolusi Tahun Baru Anda Untuk Berhenti Merokok?

Published

on

PANTAU24.com – Resolusi Tahun Baru untuk bebas-rokok bisa menjadi keputusan terbaik yang pernah Anda buat. Sudah diketahui secara umum bahwa merokok itu berbahaya, tetapi kami juga sangat menyadari betapa sulitnya untuk berhenti.

Mengidam yang luar biasa dan keinginan putus asa untuk merokok lagi, di samping tekanan dari teman sebaya, sering dapat mengakibatkan pertempuran dan hal yang tampak sulit untuk bebas dari merokok.

Namun, bagi mereka yang ingin berusaha untuk berhenti merokok bulan ini, semuanya pasti bisa.

Di bawah ini, psikolog terkemuka Jo Hemmings menawarkan beberapa saran yang tak ternilai tentang cara mengatasi banyak keinginan kuat dan godaan yang mungkin Anda hadapi selama beberapa minggu mendatang.

 

1 – Tetapkan tujuan kecil untuk diri Anda sendiri – dan Apresiasi diri Anda sendiri


“Tentukan sendiri tujuan-tujuan kecil Anda dan hadiahi diri Anda sendiri ketika Anda mencapainya. Mungkin makan yang enak setelah seminggu, dan sekali lagi setelah sebulan. Kemudian ketika Anda mencapai enam bulan atau satu tahun, manjakan diri Anda dengan liburan.

“Sebagai manusia, kita semua membutuhkan imbalan. Ini bermula dari respons biologis di otak kita yang mencari hal-hal yang membuat kita senang. Pusat hadiah mengirimkan pesan positif awal ketika kita menyerah pada keinginan seperti rokok, dan karenanya menjadi sangat sulit untuk ditolak.”

 

2 – Kenali pemicu Anda


Cobalah untuk mencari tahu seperti apa suasana hati anda saat anda merasa perlu untuk merokok atau momen apa yang rentan untuk anda.

“Mungkin itu saat minum setelah bekerja atau hanya membuat atau menerima panggilan telepon ketika di rumah. Bahkan dengan orang tertentu atau berada di tempat tertentu dapat memicu asosiasi itu dengan rokok. ”

“Tuliskan momen-momen pemicu itu – tidak hanya akan bertindak sebagai pengalih perhatian, Anda akan melihat sebuah pola muncul yang kemudian bisa Anda ubah.

Anda juga dapat melakukan sesuatu yang lain dalam situasi itu. Misalnya, Anda mungkin bisa makan buah saat bermain media sosial, atau berusaha membuat panggilan telepon di tempat di mana anda tidak bisa atau tidak biasanya merokok.

 

3 – Singkirkan semua perlengkapan merokok dari rumah Anda


Semua barang atau perlengkapan merokok contoh sederhana saja yaitu asbak.

 

4 – Dapatkan teman dan keluarga untuk membantumu

Jo dengan tegas meyakini dukungan moral positif dari keluarga dan teman merupakan hal yang sangat berharga. Dia mengatakan, memiliki seseorang yang mendorong secara lembut dengan tidak menghakimi sangat bermanfaat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *